Layanan paspor Indonesia tidak bisa online tahun 2017

Assalamu'alaikum!

(ANTARA FOTO/ Bima)

Di tahun 2011, saya membuat passport untuk saya dan istri saya. Anak saya menyusul di tahun 2012, ya.. karena dia baru lahir di tahun 2012. Semua passport kami dibuat secara online. Tinggal upload semua dokumen, ambil antrian, datang ke kantor imigrasi yang dituju tinggal interview dan foto. Antrian panjang itu bisa dihindari. Secara detail bisa ditengok di artikel saya tentang membuat passport berikut.

https://tkikeren.blogspot.co.id/2015/02/membuat-passport.html

Tapi ketika saya ingin memperpanjang passport saya di tahun 2017, ternyata layanan online itu hilang!! Saya tidak menemukan menu layanan passport online di website Dirjen Imigrasi Indonesia.

Menu layanan Paspor Online ada di tahun 2011.

Menu Paspor Online hilang di tahun 2017

Mengapa bisa begitu? Berdasarkan dari pengumuman Dirjen Imigrasi Indonesia, ternyata mereka sedang melakukan pemindahan server. Kenapa lama sekali? Sampai akhir tahun 2017 masih belum bisa? Nggg... saya ga tahu harus jawab apa. Berikut cuplikan pengumuman Direktorat Jendral Imigrasi Indonesia dari websitenya.

PENGUMUMAN PASPOR ONLINE

Jakarta (22/03) – Sehubungan dengan peremajaan perangkat dan pengembangan kesisteman Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) serta pemindahan data dari database lama ke database baru yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Imigrasi, bersama ini kami sampaikan bahwa sampai dengan saat ini proses peremajaan dan pengembangan tersebut masih berlangsung dan berimbas pada terganggunya kelancaran pelayanan Paspor Online. Saat ini pelayanan paspor online tidak dapat diakses dan dihapus untuk sementara waktu dari website Imigrasi sampai dengan waktu dapat dipergunakan kembali.
Pelayanan penerbitan paspor kepada masyarakat tetap dapat terus diberikan dengan cara walk-in, yaitu pemohon datang langsung ke Kantor Imigrasi atau Unit-unit Layanan Paspor (ULP) dengan membawa persyaratan permohonan yang benar. Proses pelayanan paspor dilakukan sejak pukul 07.30 pagi.
Kami berkomitmen dan terus berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Demikian yang dapat kami sampaikan, agar menjadi maklum.

                                                                                          Kabag Humas dan Umum
                                                                                           Ttd
                                                                                             Agung Sampurno
                                                                                             NIP. 19721107 199903 1001


Tirto.id menuliskan, ternyata gangguannya terjadi sejak September 2016. link berita Tirto ada di sini. Malah mereka menuliskan "Jangan harap bisa pakai aplikasi online tahun ini". Serem betul..

Berarti pilihannya adalah manual. Datang ke kantor Imigrasi, antri dan selanjutnya. Malah kabarnya antrian ditutup jam 10 pagi. Aduh..... Sepertinya kita tidak punya pilihan lagi saat ini.

Wassalamu'alaikum.

Comments

  1. Assalamualaikum wr wb..
    SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, ini kisahnyata saya dan bukan rekayasa.
    Anda tak perlu ragu harus Kalou dikejar hutang lagi,
    Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan,ini sangat nyata saya alami Atas bantuan MBAH KANJENG H SYARIF. Insyaallah dengan bantuan dana hibah ghaibnya, semua masalah Ekonomi dan hutang saya terselesaikan dengan cepat. untuk konsultasi tata caranya silahkan
    NTUK BICARA MBAH H SYARIF KLIK INI
    karna nmr hp mbah H syarif tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...
    http://www.pesugihanputihnyata.com

    ReplyDelete
  2. Mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses sekarang. Perkenalkan terlebih dahulu saya Rahayu biasa di panggil Mama bima, dulu Saya bekerja di Seafood restaurant di Singapura, tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya, tetap ikhtiar. Dulu pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos. sempat saya putus asa,gaji pun selalu di kirim ke indonesia untuk biaya anak sekolah, sedangkan hutang banyak, kebetulan buka-buka internet mendapatkan nomor hp Mbah Suro +6282354640471 katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan Pesugihan Dana Ghaib. dengan keadaan susah jadi saya coba beranikan diri hubungi dan berkenalan dengan beliau Mbah Suro, Dan saya menceritakan keadaan saya. Beliau menyarankan untuk mengatasi masalah perekonomian saya dengan Pesugihan Dana Ghaib nya. Dan alhamdulillah benar-benar terbukti nyata hasil nya sekarang. terima kasih banyak ya allah atas semua rerjekimu ini. Beliau juga bisa bantu seperti Pesugihan Anka nomor Togel,pelet, dll

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts