Nyetir Sendiri di Malaysia? Boleh kah? (part 2)

Assalamu'alaikum!!

Apa kabar kawan? Artikel lanjutan minggu lalu tentang SIM. Kita sudah membahas Malaysian Driving License dan SIM Internasional. Bagaimana cara membuatnya dan berapa biayanya. Bagi yang ingin membaca lagi, silakan klik disini.

3. SIM Indonesia


Jangan harap ini punya saya! (sumber : http://jakarta.bisnis.com/)

Saya tidak punya Malaysian Driving License atau SIM Internasional, terus gimana dong?

Hehehe.. sebenarnya Indonesia telah menanda tangani perjanjian kesepakatan pengenalan surat izin mengemudi domestik negara-negara ASEAN. Jadi SIM kita sebenarnya bisa digunakan di Malaysia. Ga percaya? Silakan buka website nya ASEAN, khususnya disini.

Perjanjian ini ditanda tangani oleh Kerajaan Brunei Darussalam, Republik Indonesia, Malaysia, Republik Filipina, Republik Singapura dan Kerajaan Thailand.

Menurut petugas JPJ yang pernah saya temui dulu, penggunaan SIM Indonesia memang diakui dan boleh mengemudi di Malaysia tapi kalau suatu saat terjadi kecelakaan, kita tidak dapat klaim asuransi. Nah.. agak repot kan?

Selain itu juga kadang-kadang kita perlu adu argumen dengan polisi atau pejabat lain ketika razia. Tidak semua petugas itu tahu tentang perjanjian ini. Maklum perjanjian ini ditanda tangani tahun 1985. Itu berarti 30 tahun yang lalu.. (well, FYI sekarang tahun 2015).

Tapi adu argumen tidak akan berhasil kalau kita tidak punya dasar. Nah, selain yang dari website ASEAN diatas, referensi yang lain bisa dilihat di websitenya JPJ juga, silakan klik disini.

Di website tersebut jelas dikatakan bahwa Indonesian driving license juga diakui. Dasar hukumnya adalah Akta Pengangkutan Jalan (APJ) 1987, seksi 28. Bisa di download sini.

Ok? Sudah jelas soal driving license kan? Lanjut!!
Kondisi jalan raya di kota-kota Sarawak waktu jam pulang kerja. (http://www.theborneopost.com/)

Kalau sudah memiliki driving license, berarti kita dapat mengemudi di jalanan dengan legal. Tapi apa yang mau disetirin? Ya bisa jadi perusahaan anda cukup baik dengan memberikan anda fasilitas kendaraan. Kalau tidak, ya anda perlu beli sendiri. Pilihannya bisa beli dari kawan atau kenalan, datang ke showroom atau lihat iklan di internet.

Saya sendiri dulu beli kendaraan dari kawan saya. Nah kawan saya ini beli dari kawan saya yang lain, dan kawan lain saya tadi beli di show room. *mbulet.. bingung? sama..

Berapa harga mobilnya? Tergantung merek, model dan tahun. Harga mobil umumnya dimulai dari RM 4.000 untuk yang tahun-tahun lama. Jangan kecil hati, disini pola pikir dan sudut pandang masyarakat terhadap mobil itu berbeda dengan pola pikir masyarakat Indonesia. Disini mobil adalah alat transportasi, itu sudah. Mau tua kek, jelek kek, kecil kek.. selama itu bisa dipakai dan nyaman orang tidak berfikir aneh-aneh. Beda kalau ditempat kita dimana mobil merupakan salah satu alat penunjuk status. Istilahnya "gengsi". hahaha.. jadi kalau pake mobil tua, atau kecil, atau jelek.. orang yang make jadi malu. hahaha.. *makan tuh gengsi

Proton Saga tahun akhir 80-an/ awal 90-an ini masih banyak dipakai di Malaysia. (http://keretaku-jik.blogspot.com/)

  Tips saya, jangan beli yang terlalu tua. Anda akan direpotkan oleh penggantian spare part yang ga berhenti-berhenti (seperti mobil saya). Umur berapa tahun bagusnya? Tergantung budget anda.. hahahaha... Merek Proton pilihan yang cukup baik karena murah dan mudahnya spare part. *lha kok malah jadi iklan

Tips lain, klakson adalah tombol yang haram dipakai. Bisa jadi betengkar dijalan kalau anda main klakson disana. Dan ingat, jangan bawa preman driving style disini. Disini orangnya lebih tertib. Kalau anada nekad nyetir ala preman, anda akan kelihatan mencolok sendiri dan jangan heran kalau polisi akan sangat mudah menemukan dan menangkap anda.

Intinya kalau anda masih belum paham cara mengemudi yang baik dan benar, silakan belajar dulu. Otherwise anda bisa kena saman (tilang), ditangkap atau terlibat kecelakaan. Temen saya pernah kena saman RM 300 karena nyetir sambil nelpon. Kalau saya kena RM 10 karena parkir tidak pakai tiket. Hahaha..

Jangan harap anda dapat melarikan diri dari polisi lalu lintas Malaysia. Ga mobil atau motor, kenceng-kenceng tuh kendaraannya. Langkah bijak kalau dihentikan polisi ya menepi dan berbicara baik-baik.
Yakin bisa lari dari dia? (http://www.police-car-photos.com/)

Ok, pembahasan mengemudi di Malaysia saya rasa cukup disini saja. Kalau anda ingin bertanya, silakan tulis pertanyaan anda di kolom komentar. InsyaAllah saya jawab. Bye.

Wassalamu'alaikum.

Comments

  1. Polisi manapun kalo motornya road sector kaya gitu ane nyerah gan.

    ReplyDelete
  2. Hallo Rekan-rekan Migrant/TKI, Mau tlp Keluarga di Indonesia Rp.1,000/Menit? klik: www.smartcall.co.id
    "Smartcall adalah aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan atau menerima panggilan telepon ke seluruh nomor di Indonesia dan internasional. Smartcall bekerja dengan baik di jaringan 3G atau WiFi"

    ReplyDelete
  3. tapi klo kalah argumen giman ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. kalau gitu ya nasib. Jangan sampai kalah. Kalah argue ya berarti terima saman om..

      Delete
  4. wah link "DISINI" ga bisa di klik... saya saya baca juga di website jpj untuk sim indonesia (noninternational) ada kata2:

    "and is accompanied by a translation in English or Malay (where the license is in a language other than English or Malay), which is confirmed by the embassy of the country of origin in Malaysia, or by the authority issuing the driving license concerned."

    so gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry telat bales, blog nya sudah terlantar hampir 2 tahun.. hahaha..
      Link nya sudah expired ini. Saya sebelumnya selalu pakai SIM saya di Malaysia dan tidak masalah. Karena Bahasa Indoneisa hampir serupa dengan Bahasa Melayu. Polis pasti paham apa-apa saja isi SIM saya. Well.. belum ketemu Polis yang cari-cari masalah sih..

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

  7. Mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses sekarang. Perkenalkan terlebih dahulu saya Rahayu biasa di panggil Mama bima, dulu Saya bekerja di Seafood restaurant di Singapura, tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya, tetap ikhtiar. Dulu pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos. sempat saya putus asa,gaji pun selalu di kirim ke indonesia untuk biaya anak sekolah, sedangkan hutang banyak, kebetulan buka-buka internet mendapatkan nomor hp Mbah Suro +6282354640471 katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan Pesugihan Dana Ghaib. dengan keadaan susah jadi saya coba beranikan diri hubungi dan berkenalan dengan beliau Mbah Suro, Dan saya menceritakan keadaan saya. Beliau menyarankan untuk mengatasi masalah perekonomian saya dengan Pesugihan Dana Ghaib nya. Dan alhamdulillah benar-benar terbukti nyata hasil nya sekarang. terima kasih banyak ya allah atas semua rerjekimu ini. Beliau juga bisa bantu seperti Pesugihan Anka nomor Togel,pelet, dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.Atau KLIK DISINI



      Delete
    2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.Atau KLIK DISINI



      Delete
  8. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
    syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...






    ReplyDelete
  9. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.Atau KLIK DISINI



    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts